Mengintip Lebih Dekat Calon Rival Kuat Rush dan Terios

8
com_content.article
(0 votes, average 0 out of 5)
Mengintip Lebih Dekat Calon Rival Kuat Rush dan Terios0 out of 50 based on 0 voters.


Tidak sedikit pengunjung yang tak sabaran meminang SUV 5-penumpang asal Amerika ini di IIMS. Dengan warna Mars Red, perawakan tangguh sedang ini adalah Ford Ecosport. Pengunjung yang kepincut nampaknya harus

bersabar Ford Ecosport mengisi jalan-jalan di Indonesia. Pasalnya, Ia baru bisa hadir tahun depan.

Dengan bekal desain menawan dan sarat teknologi terkini, Ford Ecosport adalah penantang kuat Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Mengintip lebih detail desain body, otot-otot, guratan garis dari kap hingga mundur ke buritan, lampu dan interior, SUV menengah ini punya ciri khas desain ala negeri Paman Sam.

Melihat sosok aslinya di IIMS, ground clearance Ford Ecosport tampak cukup tinggi. Posisi berkendara yang tinggi, ini boleh jadi pilihan SUV alternatif untuk jalan-jalan di kota maupun di pegunungan. Lampu depan ramping membingkai grille trapezoid yang terpasang tinggi, yang memberikan tampilan khas Ford pada SUV compact ini.


Mencermati bagian depan, kap mesin yang lebar menyapu ke garis bodi mobil yang menawan. Tampak grill kromium besar, berpadu dengan lampu utama menajam ke belakang, dengan diameter besar di depan, lalu mengecil ke belakang mengikuti lekukan bodi. Di bawahnya nampak foglamp dengan rumahnya yang apik. Padu padan ini memberikan tampilan khas Ford pada SUV compact ini.

Meraba bagian samping dan buritan, meski mengecil ke bagian belakang, namun jendela cukup besar membungkus sepanjang bagian samping dengan lampu belakang miring. Sementara pegangan pintu belakang dimasukkan ke dalam lampu belakang.

Ford merancang buka-tutup pintu belakang menyamping ke kiri, mengingatkan pada buku-tutup bagasi Jeep. Yang satu ini memang ciri khas SUV Amerika. Lantaran buka-tutup pintunya dibuat menyamping, Ford Ecosport menyediakan ruang yang cukup luas dan praktis untuk memasukan atau menyimpan barang bawaan.


Dengan kata lain, ruang kargo menjadi besar di dalam kendaraan, sehingga cukup praktis memasukkan beban berat ke dalam kendaraan, disamping karena bumpernya yang lebih rendah.

Ban cadangan, dengan roda dan penutup dipasang pada pintu belakang. Nampaknya Ford ingin menjaga kepraktisan yang satu ini.

Masuk ke dalam, kontrol dan penempatan tombol-tombol tampak tertata ergonomis, sementara saat diduduki kursi cukup lembut. Walau tertata ergonomis, tidak terlihat fitur engine start-stop. Hanya saja ada tombol Ford Power Start untuk menyalakan mesin. Desain dasbornya, mulai dari bagian konsol tengah dimana audio berada hingga gagang kemudi dengan tombol kontrol audio pun nampak serupa dengan New Fiesta.


Di sektor ini pula terdapat banyak ruang. Kabin cukup maksimal menyediakan ruang kepala dan ruang lutut untuk semua penumpang. Di belakang, kursi dapat dilipat dan dimiringkan untuk memberikan ruang kargo tambahan.

Di sini Ford mengklaim, dengan melipat kursi belakang bersandar di kursi depan, ruang bagasi meningkat menjadi 705 liter. Namun bila diperlukan, kursi belakang dapat dibagi 60/40 untuk mengangkut benda-benda panjang.

Ford EcoSport mengamit mesin bensin empat silinder 1.5 liter yang sanggup memuntahkan tenaga 106 hp dan torsi puncak 138 Nm. Mesin ini menyajikan teknologi twin independent variable camshaft timing (Ti-VCT).


Ford mengaku fitur yang menempel pada SUV global ini tergantung pada pasar setiap negara. Misalnya transmisi otomatis Ford PowerShift enam percepatan atau transmisi manual lima percepatan. Jadi tunggu saja tahun depan, apakah versi yang dijual di Thailand sama dengan yang mengaspal di Indonesia. - Ford Bandung

You are here: Home Arrow Berita Ford Arrow Mengintip Lebih Dekat Calon Rival Kuat Rush dan Terios